Minggu, 19 Oktober 2014

INTERMEDIA

Intermedia 2









Ket : Desain Google SketchUp 8 + Photoshop + Vray
Lokasi : Pelabuhan Buleleng, Bali


Tujuan saya memilih untuk membuat atau menggubah secara keseluruhan layout dari Pelabuhan Buleleng, adalah semata-mata menunjukkan kreatifitas mendesain yang saya miliki, dan yang terpenting menyalurkan pola pikir saya mengenai pelabuhan Buleleng. Yang dimana kita ketahui bahwa Pelabuhan Buleleng merupakan salah satu obyek wisata bersejarah di Kota Singaraja. Yang pada desain saya ini penempatan Ikon Kota Singaraja yaitu patung Singa Ambara Raja, yang tempat semula berada di Tugu Singa Ambara Raja, dekat kantor Bupati Buleleng atau titik 0 (nol)nya Singaraja. Saya pindahkan ke Pelabuhan Buleleng yang semula di sana berdiri tegak patung perjuangan. Sebelumnya saya meminta maaf dahulu kepada seluruh masyarakat Buleleng khususnya pada ksempatan kali ini, saya tidak bermaksud untuk melecehkan atau apapun, karena saya juga warga asli Buleleng. Seperti kata saya di atas ini hanya hasil olah kreatif dari imajinasi saya, yang saya tuangkan kedalam sebuah desain. Pemikiran saya mengenai, mengapa patung Singa Ambara Raja dipindahkan??. Menurut saya, suatu Ikon dari daerah tertentu harus terkesan terlihat, untuk membuatnya terlihat ikon itu harus terletak di tempat yang terlihat, seperti di perbatasan, dataran tinggi dan di jalur air yaitu pelabuhan atau dermaga. Hal itulah yang membuat imajinasi kecil saya ingin menbuat desain seperti diatas. Saya persilahkan kepada pembaca untuk menikmati hasil karya saya, semoga berkenan dan apabila terdapat salah kata dalam penulisan ini, mohon di maafkan. Pada kesempatan ini saya sertakan tools sederhana dari Google SketchUp. Sekian dan Terima Kasih.


Tools :

Principal Toolbar
Select (spasi)
Memilih garis, bidang, bentuk, atau perintah
Make component (G)
Membuat komponen dari bentuk yang telah dibuat
Paint Bucket (B)
Memberikan material pada bidang
Eraser (E)
Menghapus bagian yang tidak diinginkan
Drawing Toolbar
Rectangle (R)
Membuat bidang persegi
Circle (C)
Membuat bidang lingkaran
Polygon
Membuat bidang segi-6
Line (L)
Membuat garis lurus
Arc (A)
Menbuat garis lengkung
Freehand
Membuat garis sesuai keinginan
Modification Toolbar
Move (M)
Memindahkan model ke tempat yang diinginkan
Push/pull (P)
Memberikan volume ( ketinggian atau ketebalan) pada sebuah bidang ke atas atau ke bawah
Rotate (Q)
Memutar model ke arah yang ditentukan
Follow Me
Membarikan volume pada sebuah bidang sesuai arah garis yang sudah ditentukan
Scale (S)
Mengubah skala model sesuai keinginan
Offset (F)
Membuat garis tambahan kedalam atau keluar bidang
Construction Tools
Tape Measure (T)
Mengukur garis atau membuat garis bantuan
Dimension
Memberi ukuran pada model
Protractor
Membuat garis bantu sesuai sudut yg ditentukan
Axes
Mengubah garis bantu Axis (X,Y,Z) sesuai kebutuhan
Text
Memberi keterangan pada model
3D Text
Membuat tulisan 3D
Camera Toolbar
Orbit (O)
Pan (H)
Mengatur kamera pada sketchup
Sections Toolbar
Membuat potongan pada model
Views Toolbar
Memilih tampak model sesuai keinginan
Walkthrough Toolbar
Melihat perspektif model sesuai dengan mata manusia,dan dapat melihat sekeliling titik perletakan perspektif
Layers Toolbar
Membuat layer untuk modeling
Google Toolbar
Meng-upload atau men-download model dari atau ke internet.
Mengambil lokasi untuk tempat perletakan model (bangunan) dari Google Earth.
Menambah model bangunan pada Google Earth.

Sandbox Toolbar
Membuat lahan berkontur
Styles Toolbar
Mengubah gaya pada model (x-ray, monocrhome, shaded,dll).
Shadows Toolbar

Menentukan arah jatuhnya bayngan pada model
Solar North Toolbar
Mengatur jalur pergerakan matahari



 Sumber : http://leader-lalearing.blogspot.com/2013/09/fungsi-masing-masing-tool-pada-google.html










Tidak ada komentar:

Posting Komentar