Selasa, 10 Juni 2014

Major Art dan Minor Art



Dalam materi kali ini, saya akan menjelaskan pengertian antara "Major Art dan Minor Art". Sepanjang yang saya ketahui, Major Art adalah sebuah kesenian (baik proses maupun kegiatan berkesenian dan hasil) yang dianggap seni utama, sedangkan Minor Art adalah sebuah kesenian yang dianggap remeh atau sepele.Bagian kesenian yang di anggap Major Art adalah Seni Lukis dan Seni Kriya Patung, dan yang di anggap Minor Art adalah bentuk kesenian seperti kerajinan tangan dan jenis-jenis aliran seni yang baru-baru muncul.

Contoh Karya Lukisan :

 Sumber : http://artproindonesia.blogspot.com/2011/08/lukisan-dari-indonesia.html


Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengangan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding.

Contoh Karya Patung : 

Sumber : http://kotawisataindonesia.com/taman-budaya-garuda-wisnu-kencana-bali/patung-bali/


Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin. Karenanya, patung biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang tahan lama dan sering kali mahal, terutama dari perunggu dan batu seperti marmer, kapur, dan granit. Kadang, walaupun sangat jarang, digunakan pula bahan berharga seperti emas, perak, jade, dan gading. Bahan yang lebih umum dan tidak terlalu mahal digunakan untuk tujuan yang lebih luar, termasuk kayu, keramik, dan logam.
 
 
Contoh Karya Kerajinan  :
 
 
Sumber : http://dibali.web.id/blog/wp-content/uploads/2012/07/kerajinan-bambu1.jpg


Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang.





Sumber :  - http://id.wikipedia.org/wiki/Lukisan
               - http://id.wikipedia.org/wiki/Patung
               - http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar