Minggu, 20 Desember 2015

2. Profesi Kependidikan (Peran Seorang Guru)

2. Profesi Kependidikan (Peran Seorang Guru)

Peran Seorang Guru
Profesi Kependidikan (Tugas 2)
Menurut kamus besar bahasa Indonesia profesi merupakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan atau pendidikan tertentu. Profesional berkenaan dengan pekerjaan, berkenaan dengan keahlian memerlukan kepandaian khusus untuk melaksanakannya, mengharuskan adanya pembayaran untuk melakukannya. (2006:548). 
Setiap guru professional harus memenuhi persyaratan sebagai manusia yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan, bertanggung jawab terhadap rumah, sekolah maupun masyarakat.
1.      Tanggung jawab terhadap rumah. Guru adalah seorang manusia , manusia yang juga memiliki keluarga dirumah. Selain bertanggung jawab terhadap sekolah dan masyarakat, guru juga mempunyai tanggung jawab terhadap rumah, khususnya keluarga di rumah. Bertanggung jawab mendidik anaknya dengan baik serta membuat contoh yang baik terhadap keluarga.
2.      Tanggung jawab terhadap bidang pendidikan di sekolah. Guru bertanggung jawab melaksanakan kegiatan pendidikan di sekolah dalam arti memberikan bimbingan dan pengajaran kepada para siswa. Tanggung jawab ini direalisasikan dalam bentuk melaksanakan pembinaan kurikulum, menuntun para siswa belajar, membina pribadi, watak, dan jasmani siswa, menganalisis kesulitan belajar, serta menilai kemajuan belajar siswa.(Oemar Hamalik, 2002:40)
3.      Tanggung jawab terhadap bidang pendidikan masyarakat. di satu pihak guru adalah warga masyarakat dan di pihak lain guru bertanggung jawab turut serta memajukan kehidupan masyarakat . guru turut bertanggung jawab memajukan kesatuan dan persatuan bangsa, mensukseskan pembangunan nasional, serta mensukseskan pembangunan daerah khususnya yang dimulai dari daerah dimana dia tinggal (Oemar Hamalik, 2002:40)
Diatas merupakan tanggung jawab seorang guru yang professional. Selain bertanggung jawab terhadap kehidupan rumah, di sekolah dan masyarakat, guru juga berperan penting dalam kehidupan masyarakat.
Sebagaimana telah dijelaskan bahwa professional guru mengandung pengertian yang meliputi unsur-unsur kepribadian, keilmuan dan keterampilan. Dalam ketiga unsur tersebut memiliki peranan penting bagi guru diantaranya sebagai pendidik, pengajar dan pelatih.
1.      Guru sebagai pendidik
Guru sebagai pendidik dalam hal ini yaitu guru mampu mengubah tingkah laku dirinya menjadi seorang guru yang professional. Seorang pendidik harus menjaga wibawa didepan murid-muridnya.  Guru mampu mendidik  apabila dia mempunyai kestabilan emosi , memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk memajukan anak didik, bersikap realitas, bersikap jujur, serta bersikap terbuka dan peka terhadap perkembangan, terutama terhadap inovasi pendidikan.( Oemar Hamalik, 2002:43).  Mengapa demikian?, karena seorang guru adalah contoh untuk anak didiknya, maka dari itu seorang guru mampu mengubah tingkah lakunya dengan professional.
2.      Guru sebagai pengajar
Guru sebagai pengajar dalam hal ini yaitu guru mempunyai kepintaran khususnya dalam hal teori praktis untuk menjadi seorang guru yang professional. Guru adalah Tutor untuk anak didiknya. Seorang Tutor adalah seseorang yang mampu memberikan pembelajaran dengan teori yang ada secara fakta dan konseptual kepada para pendengar dan penikmat dalam teori yang dijelaskan oleh Tutor. Berarti dalam hal ini guru sebagai pengajar adalah guru yang memberikan pembelajaran kepada peserta didik atau siswa-siswanya dengan teori-teori praktis, fakta dan konseptual.
Dalam hal ini seorang guru harus mampu menguasai materi yang akan diajarkan, dalam arti seorang guru harus memiliki kepintaran atau ahli dalam materi yang akan diajarkan kepada peserta didik. Dengan begitu guru harus mampu menguasai ilmu, antara lain mempunyai pengetahuan yang luas, menguasai bahan pelajaran, serta ilmu-ilmu yang bertalian dengan mata pelajaran atau bidang studi yang diajarkan, menguasai teori dan praktik mendidik, teori kurikulum metode pengajaran, teknologi pendidikan, teori evaluasi dan psikologi belajar dan sebagainya.( Oemar Hamalik, 2002:43)
3.      Guru sebagai pelatih
Guru sebagai pelatih  dalam hal ini yaitu guru mempunyai skill khususnya dalam keterampilan untuk menjadi seorang guru yang professional. Pelaksanaan peran ini menuntut keterampilan tertentu seperti:
·         Terampil dalam menyiapkan bahan pelajaran.
·         Terampil menyusun satuan pelajaran.
·         Terampil menyampaikan ilmu pada murid.
·         Terampil menggairahkan semangat belajar murid.
·         Terampil memilih dan menggunakan alat peraga pendidikan.
·         Terampil melakukan penilain hasil belajar murid.
·         Terampil menggunakan bahasa yang baik dan benar.
·         Terampil mengatur disiplin kelas, dan berbagai keterampilan lainnya.
(Oemar, Hamalik, 2002:43)

Selain memiliki tanggung jawab dan peranan penting terhadap kehidupan masyarakat. Guru harus mampu mengajar dan mengelolah administrasi yang berhubungan di sekolah. Maka dari itu calon guru sebagai anggota profesi turut aktif dalam mengikuti LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). karena LPTK mengemban peranan yang sangat penting mempersiapkan calon guru yang profesional.


Umi, Chuisum dan Windy. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya:
            Kashiko
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi.

          Bandung; PT Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar